Kamis, 22 Juni 2017

Berenang Saat Puasa, Apakah Di Perbolehkan ?

~~ Assalamualaikum Wr.Wb ~~

Puasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim sebagaimana allah perintahkan dalam surat al-baqarah " hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa ". ( al-baqarah:183 )

Pada dasarnya, hal-hal yang dapat membatalkan puasa adalah seseorang tidak dapat menahan nafsunya, seperti makan dan minum, berhubungan suami istri disiang hari, keluar air mani secara sengaja dll.


Hukum Berenang Saat Berpuasa

Dilihat dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa diatas, bahwa tidak ada larangan berolahraga dapat membatalkan puasa. Jadi berenang mungkin boleh-boleh saja selagi hal tersebut (air) tidak memasuki atau meminum airnya. Begitu pula dengan seperti berendam mandi, itu diperbolehkan seperti berenang.

Namun yang menjadi catatan adalah khawatir jika saat melakukan olahraga renang badan lemah, lesu. Sehingga dapat menyebabkan badan terasa capek, tetapi selagi badan terasa optimal maka tidak menjadi masalah.

* Berenang saat berpuasa di perbolehkan saja, namun sebaiknya waktunya kita gunakan untuk hal yang lebih bermanfaat lagi. Seperti membaca Al-quran, atau yang lainnya sehingga dapat menambah pahala dua kali lipat karena sesuatu yang bermanfaat yang dilakukan saat bulan ramadhan akan menambah pahala dua kali lipat.

Demikian sedikit pembahasan tentang "Apakah Diperbolehkan Berenang Saat Berpuasa", semoga bermanfaat bagi pembacanya.

~~ Wassalamualaikum Wr. Wb ~~

2 komentar

Bermanfaat kak, jadi tau berolahraga renang tidak membatalkan ibadah puasa..

keren om. boleh dong chat we a 089601708666

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak^_^
EmoticonEmoticon