Rabu, 21 Juni 2017

Hukum Berpuasa Tetapi Meninggalkan Sholat

~~ Assalamualaikum Wr. Wb ~~

Hallo sobat muslim dan muslimat... Tak terasa sudah dua minggu berpuasa dan tak lama lagi akan datang hari yang ditunggu yaitu hari kemenangan kita semua idul fitri.
Yaps..
Pernahkah sobat berfikir bahwa ada orang yang berpuasa tetapi tidak mendirikan ibadah solat?
Dan apa hukumnya bila orang berpuasa tidak mendirikan solat?


Pertanyaan diatas tersimpan di benak saya, dan sayapun mencari referensi kesana-kesini untuk mengetahui jawabannya. Dan dibawah ini telah saya rangkum jawaban untuk sobat sekalian.

Perlu di ketahui bahwa di dalam agama islam ada 5

  1. Membaca dua kalimat syahadat
  2. Solat
  3. Zakat
  4. Puasa
  5. Haji
Dan diantara ke-5 rukun islam diatas keduanya ada, berarti jika seseorang tidak melakukan salah satunya berarti dapat memenuhi rukun islam.

Rasulallah bersabda : Barang siapa yang berpuasa tapi meninggalkan solat berarti ia meninggalkan rukun terpenting dari rukun-rukun islam setelah tauhid. Puasanya sama sekali tidak bermanfaat baginya selama iya meninggalkan solat. 

Menurut sabda Rasulallah SAW. diatas di jelaskan bahwa seseorang yang tidak berpuasa tetapi tidak solat maka puasanya akan sia-sia saja. Dan menurut pendapat saya menurut hadis diatas "puasanya tidak bermanfaat baginya" adalah puasa nya tetap dikatakan sah tetapi tidak mendapatkan pahala dari Allah SWT. 

Nah itulah penjelasan singkat tentang hal ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan sobat.


~~~semoga bermanfaat

~~ Wassalamualaikum Wr. Wb ~~

Sumber referensi : www.google.com



Posting Lawas

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak^_^
EmoticonEmoticon