Sabtu, 24 Juni 2017

Lebih Baik Uang Atau Beras Saat Mengeluarkan Zakat Fitrah ?

~~ Assalamualaikum Wr Wb ~~

Zakat merupakan Rukun Islam yang ketiga. Jadi setiap orang yang beragama islam, baik laki-laki maupun perempuan wajib membayar zakat pada hari ramadhan. Zakat berarti sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh seseorang yang beragama islam untuk fakir miskin atau semacamnya sesuai dengan ketentuan syariah.


Zakat pada dasarnya dapat dibayar setara dengan 3,5 liter makanan pokok dari daerah tersebut. Contohnya daerah tersebut bermakanan pokok beras, ya kita wajib menzakatkan beras kepada penerima zakatnya. Jika makanan pokoknya gandum, berarti zakat gamdum. Diarab pun karena makanan pokoknya kurma jadi mereka menggunakan kurma untuk berzakat.
Namun, pasti kalian pernah melihat orang yang membayar zakat dengan Uang kan.
Apakah diperbolehkan berzakat dengan uang?
Para ulama berbeda pendapat mengenai permasalahan ini, ada beberapa pendapat yang disampaikan ulama tentang masalah ini.

  • Pendapat ulama Hanafiah : boleh membayar zakat dan yang lainnya dengan menggunakan qimah (mata uang)
  • Pendapat ulama Syafi'iah dan Hanabilah : tidak boleh membayar zakat dengan qimah (mata uang)
  • Pendapat Ibnu Taimiyah & Riwayat Imam Ahmad : Diperbolehkan membayar zakat dengan qimah (mata uang) apabila ada kemaslahatan
Lantas ;

Lebih Baik Zakat Dengan Beras Atau Uang


Menurut beberapa pendapat dari ulama diatas dapat saya simpulkan bahwa lebih baik berzakat menggunakan beras. Sebab, jika menggunakan uang dapat menimbulkan pengecualian. Bisa saja jika kalian membayar zakat ke pengurus masjid atau ke guru ngaji, mohon maaf uang tersebut tidak dibagikan lagi untuk fakir miskin melainkan masuk kantong sendiri. 

Namun, bisa saja kalian membayar zakat dengan uang tidak dipermasalahkan, apabila penerima zakar sudah menyediakan beras dengan ukuran yang pas. Jadi anda seperti membeli dahulu beras tersebut menggunakan uang kalian, kemudian menzakatkannya kembali ke penerima berasnya. Itu tidak akan menjadi masalah. 

Ok itulah pembahasan tentang " lebih baik uang atau beras saat berzakat " semoga bermanfaat bagi kalian semua.

~~ Wassalamualaikum Wr. Wrb ~~

Sumber : www.google.com

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak^_^
EmoticonEmoticon